logo

Sabtu, 04 Agustus 2018

Foto Kali Item Berair Hijau Viral, Warga: Pasti Editan, Dari Dulu Airnya Hitam

Foto Kali Item Berair Hijau Viral, Warga: Pasti Editan, Dari Dulu Airnya Hitam


posmetroinfo - Foto Kali Item yang airnya berwarna hijau viral di media sosial. Foto tersebut diunggah di Facebook pada Maret 2017.

Warga mengakui air Kali Item biasanya memang akan berwarna hitam. Nani (36), warga RT 11/01 Kelurahan Sunter Jaya mengatakan kondisi air Kali Item selalu berwarna hitam.

Hal ini dikatakan Nani saat detikcom menunjukkan foto-foto air Kali Item berwarna kehijauan. Nani mengaku tinggal di sekitar Kali Item sejak 2015.

"Belum pernah saya lihat. Item itu dari dulu (airnya)," kata Nani saat ditemui di lokasi, Jakarta Utara, Sabtu (4/8/2018).

Sementara itu ada Iwan (42), warga yang sudah tinggal di sekitar Kali Item sejak 1998. Dia mengatakan air di Kali Item bisa berwarna tak hitam. Kondisi ini dapat terjadi saat musim banjir dan jika ada pembuangan air dari Danau Sunter.

"Ya itu beningnya pas musim banjir. Kalau sekarang udah nggak bisa bening lagi," ujar Iwan.

"Itu kan karena dari danau di pompa kan keluarnya (ke) Kali Item. Udah di Kali Item kan dapat air dari danau otomatis kelihatan bening gitu. Sebenernya mah keruh," sambung warga RT 18/01, Kelurahan Sunter Jaya, ini.

Iwan mengatakan kondisi tersebut terjadi sekitar 10 tahun lalu. Dia mengatakan pada waktu itu banyak anak-anak yang berenang saat musim hujan.

Saat ditunjukkan foto Kali Item yang viral, Iwan tidak percaya foto itu diambil pada 2017. Menurutnya, belakangan waktu warna air yang melintas di kali hampir selalu berwarna hitam.

Soal anak-anak yang berenang di Kali Item juga diakui seorang warga bernama Mila (16). Meski begitu, kata Mila, anak-anak tak begitu sering renang di kali.

"Pernah, dulu ada yang renang di kali waktu lagi zamannya banjir di sini. (Tahun) 2016 lah," tutur Mila.

Dia mengatakan biasanya anak-anak yang berenang di sana masih seumuran siswa SD-SMP. Dia mengatakan anak-anak berenang meski air tidak benar-benar bening. Namun, Mila mengakui air di Kali Item tak pernah bening. Dia juga tak percaya dengan foto-foto viral yang ditunjukkan.

"Nggak mungkin juga sih, paling kalau kayak gitu pasti editan. Karena kita setiap hari ngeliat kali, nggak pernah bening. Bersih juga paling dari sampah, nggak sampai bening," ujar dia. [detik]

Loading...
under construction
loading...