logo

27 Jul 2018

Bukan Prabowo, Pengamat Sebut Tokoh Sentral Penantang Jokowi ialah SBY

Bukan Prabowo, Pengamat Sebut Tokoh Sentral Penantang Jokowi ialah SBY


posmetroinfo - Pertemuan antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terus menuai sorotan. Jika berkoalisi, dua parpol besar ini pun dinilai akan menjadi penantang kuat petahana.

Direktur Eksekutif Emrus Corner, Emrus Sihombing mengatakan, SBY diprediksi akan mempunyai peran sentral dalam koalisi penantang Jokowi. Pasalnya, SBY selalu menjadi tokoh yang dimintai pendapat oleh figur lain di luar Jokowi.

"Kita lihat ada pertemuan Prabowo dengan SBY. Kemudian dilanjutkan pertemuan dengan SBY dan Zulhas. Saya melihat dari koalisi yang dibangun ini, yang akan menjadi tokoh sentral adalah SBY," kata Emrus saat menghadiri acara diskusi di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (26/7).

Lebih lanjut Emrus memperkirakan, SBY bakal menjadi tokoh sentral lantaran hampir seluruh parpol mudah melakukan pendekatan intensif dengan petinggi partai berlambang mercy itu. Bahkan, bukan tidak mungkin PKS juga bakal takluk oleh SBY.

"Kita harus akui selama pemerintahan SBY dua periode, itu bisa menjembatani kekuatan politik. Saya lihat Pak SBY sedang melakukan ini," ungkapnya.

Emrus melihat, lobi politik SBY terhadap PKS bakal berjalan mudah. Pasalnya, selama pemerintahan SBY selama 10 tahun, partai besutan Sohibul Iman itu merupakan salah satu partai yang berada di pemerintahan.

Sehingga, lanjut Emrus, hal itu dapat menjadi modal yang baik bagi SBY untuk menggaet PKS masuk ke dalam koalisi penantang petahana. "Saya lihat di parpol itu pasti ada faksi-faksi. Pasti ada loyalis (PKS) yang masih ingat dengan (masa kepemerintahan) SBY," pungkasnya. [jpc]

Loading...
under construction
loading...