logo

10 Jul 2018

PAN, PKS dan PKB 'Koalisi Ngeri', Bisa Usung Pasangan Amin atau Iman

PAN, PKS dan PKB 'Koalisi Ngeri', Bisa Usung Pasangan Amin atau Iman


posmetroinfo - ‎Koalisi partai menuju Pemilihan presiden (Pilpres) 2019 masih dinamis. Bahkan ada beberapa partai misalnya PKB, PAN, Gerindra, Demokrat, dan PKS belum resmi berkoalisi. Meskipun masih hanya sebatas 'teman dekat'.

Pengamat politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio menyarankan, sebaiknya PKB, PAN dan PKS bisa berkoalisi di Pilpres 2019 mendatang. Mengingat saat ini Gerindra dan Demokrat saat ini sedang dekat, dan bahkan bukan tidak mungkin bisa menjalin koalisi.

"Kalau PKS, PAN dan PKB itu koalisi kita namakan koalisi umat. Itu ngeri sekali," ujar Hendri Satrio dalam diskusi di Resto Pulau Dua, Jakarta, Selasa (10/7).

Bahkan menurut Hendri, bukan tidak mungkin sesuatu yang mengejutkan bakal terjadi jika koalisi terbentuk itu muncul dan solid. Karena selama ini belum ada koalisi yang isinya dari partai Islam semua.

"Bayangkan kekuatan NU bersatu dengan kekuatan Muhammadiyah plus basis massanya PKS. Sangat layak namanya koalisi umat," katanya.

Bahkan Hendri juga membayangkan, koalisi umat itu bisa mengusung Anies Baswedan sebagai capres dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin jadi cawapresnya.

"Kalau terbentuk Anies-Cak Imin, nanti singkatannya Amin, atau Cak Imin Anies namanya Iman," pungkasnya. [jawapos]

Loading...
under construction
loading...