logo

26 Jul 2018

Sandiwara Setnov: Dulu Sakit Palsu, Kini Sel Palsu

Sandiwara Setnov: Dulu Sakit Palsu, Kini Sel Palsu


posmetroinfo - Eks Ketua DPR Setya Novanto kembali membuat sandiwara. Selnya di Lapas Sukamiskin terlihat lebih sederhana dibandingkan sel milik Luthfi Hasan Ishaaq (LHI), OC Kaligis, dan M Sanusi.

Hal itu terbongkar saat tim 'Mata Najwa' melakukan sidak bersama Ditjen PAS Sabtu (21/7) malam lalu. Sel yang jauh dari kata mewah itu diduga bukan sel asli milik Novanto.

Ada sejumlah hal yang mencurigakan dari sel sederhana itu, di antaranya stiker identitas di depan pintu yang tampak baru, begitu juga dengan stiker nama di papan informasi kamar napi. Sejumlah benda yang disorot antara lain parfum wanita merek Victoria's Secret.

Tidak ada alat elektronik ataupun barang mewah di dalamnya. Terlihat ada beberapa tambalan semen pada dinding. Terlihat juga instalasi pipa air yang menonjol keluar.

Novanto pun saat disambangi oleh Najwa tengah duduk di atas kursi plastik warna biru sambil memegang sebuah buku bertuliskan Kamus Kosakata Alquran. Melihat hal-hal tersebut, Menkum HAM Yasonna Laoly, yang mulanya mengaku tak mau berkomentar, pun akhirnya mengaku curiga.

"Karena saya melihat kejanggalan. Ini atas nama penghuni lapas, tempat masih baru, dan kalau kita lihat isi sel, baju, makanan, rasanya tidak sesuai profil Setya Novanto," kata Najwa di studio Trans7 dalam siaran live.

Najwa juga menulis di instagramnya:

Sejak awal saya dan tim @matanajwa sudah curiga bahwa sesungguhnya itu bukanlah sel asli Setya Novanto. Saat sidak, SN mengaku sejak awal menempati sel no 29 di Blok Timur dan selama 3 bulan tidak berpindah-pindah sel. Ada beberapa kejanggalan: 
1. Di papan besar daftar nama dan sel penghuni di ruang kamtib Lapas Sukamiskin, sticker nama SETYA NOVANTO terkesan baru ditempel dan berbeda. 
2. Isi sel SN mulai dari barang2 pribadi, baju, perlengkapan mandi, makanan tdk sesuai dgn profil SN. Misalnya ada body mist Victoria Secret Pure Seduction, Gatsby dan Pucelle splash cologne.
3. Tidak terlihat tumpukan baju atau barang yg mengindikasikan sel itu sudah dihuni selama 3 bulan. Terkesan "terlalu rapih" dgn tujuan ingin menonjolkan "kesederhanaan"
4. Ketika petugas membuka sel SN, saya mendapat kesan Papa sudah sangat "siap" menyambut kami. Duduk di kursi dgn pakaian rapi sembari membawa buku "Kosa Kata Alquran". Kecurigaan2 itu kemudian kami telusuri lebih jauh. Saya mendapatkan informasi awal, kamar asli SN berada di Blok Timur atas di dekat kamar Bung Karno. Saat sidak sel no 2 dan 3 memang tidak tercantum nama penghuni. Pengakuan mantan penghuni Lapas Sukamiskin menyebut sel no 3 berukuran 2 kali lipat sel lain. Sel itu dulu sempat dihuni oleh mantan Walikota Palembang alm Romi Herton, yg kemudian dipindah ke Lapas Gunung Sindur karena terbukti plesiran. Saya kemudian mendapatkan informasi tambahan dari orang dalam, bhw SN benar menghuni sel no 3 Blok Timur Atas. Kerap kali diketahui mobil datang membawa perlengkapan barang-barang mewah untuk mengisi sel itu. 

Video:



Sel Nazaruddin yg disidak malam itu juga sel palsu. Informasi orang dalam yg kami kumpulkan, sel asli Nazaruddin adl sel yg dulu sempat dihuni mantan Gubernur Bengkulu Agusrin Najamudin. Sel no 41 di Blok Timur Atas dengan 2 kali lipat dari sel rata-rata.

Tadi malam saat LIVE Mata Najwa, saya bertanya ke Menteri Yasonna Laoly atas beragam kejanggalan yg ada. Di sela-sela break, Menkumham menelpon jajarannya dan mengkonfirmasi bahwa kecurigaan tim Mata Najwa dan informasi yg kami kumpulkan benar adanya. Sel Setya Novanto dan Nazaruddin yg disidak petugas malam itu adl SEL PALSU

Sandiwara-sandiwara mulai dibangun oleh Novanto sejak dirinya ditetapkan sebagai tersangka kasus e-KTP. Novanto sempat kecelakaan dan dirawat di rumah sakit.

Mantan pengacara Novanto Fredrich Yunadi sempat bicara bahwa mantan kliennya saat itu mengalami benjol sebesar bakpao gara-gara kecelakaan tersebut. Tak hanya benjol sebesar bakpao,sejumlah kejanggalan juga terlihat pada saat Novanto dirawat di RS.

Selain benjol sebesar bakpao yang kemudian ramai di media sosial, segala peralatan medis yang disematkan di tubuh Novanto pun terlihat janggal oleh warga net. Mulai dari benjol yang ternyata tak sebesar bakpao hingga infus anak-anak yang dipasang di tangan Novanto.

Meski begitu, pada akhirnya Novanto Pada akhirnya pun ditahan oleh KPK setelah kondisi kesehatannya dinyatakan tidak masalah untuk menghadapi kasus hukum. [detik]

Loading...
under construction
loading...