logo

6 Jul 2018

Tak Diberi 'Pintu Surga' oleh SBY, TGB Putar Haluan ke Jokowi

Tak Diberi 'Pintu Surga' oleh SBY, TGB Putar Haluan ke Jokowi


posmetroinfo - Suhu politik di tanah air terus meningkat, pasca semakin dekatnya penentuan siapa saja yang bakal bertarung dalam Pilpres 2019 yang kurang 9 bulan lagi. Bakal calon presiden  semakin terlihat agresif melakukan berbagai pertemuan yang sarat kepentingan Pilpres 2019, guna melakukan konsolidasi demi meraup berbagai dukungan dari banyak pihak.

Demikian juga nama-nama yang disebut bakal menjadi calon wakil presiden tak kalah giatnya, unjuk gigi dengan aneka manuver politik. Bahkan, Tuan Guru Bajang (TGB) tiba-tiba secara mengejutkan dan terang benderang mengungkapkan presiden Joko Widodo (Jokowi) nantinya layak untuk menjabat kembali, atau layak dua periode menjadi presiden.

Sikap kader partai Demokrat yang selama dua periode menjabat sebagai Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) itu menuai berbagai reaksi.  Pendukung TGB pun kecewa.

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno saat dihubungi mengatakan TGB memang kader Demokrat terbaik. Namun mantan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) cuek dengan potensi yang dimiliki TGB.

"Sikap politik putar haluan TGB paling mungkin bisa dibaca karena Demorkrat tak pernah memberikan pintu surga soal pencapresan TGB di 2019. Meski sudah melakukan safari politik, namun karpet merah pencapresan nyatanya hanya untuk sang putra mahkota cikeas, AHY. TGB nyaris tak pernah ditanggapi," ujar Adi, Kamis (5/7/2018).

Adi mengakui sikap TGB mendukung Jokowi adalah hal yang mengejutkan "Sikap TGB yang mendukung Jokowi tentu sangat mengejutkan, karena selama ini TGB dianggap representasi umat Islam 212 yang posisinya berhadapan dengan pemerintah. Pasti ada sesuatu yang di luar nalar rakyat biasa," bebernya.

Lanjutnya lagi, "Tentu dukungan TGB ke Jokowi sangat merugikan Demokrat karena TGB merupakan sosok populis di Indoensia timur, khususnya di NTB cukup mengakar. Ini pukulan telak bagi partai merci," pungkas Adi. [htc]

Loading...
under construction
loading...