logo

26 Jul 2018

Tempati 'Sel Duafa' saat Disidak, Setnov dan Nazaruddin Ditelanjangi Yasonna

Tempati 'Sel Duafa' saat Disidak, Setnov dan Nazaruddin Ditelanjangi Yasonna


posmetroinfo - Kontroversi mewahnya sel tahanan napi koruptor di Lapas Sukamiskin terus berlanjut. Bahkan semakin rame setelah Menkumham Yasonna Laoly memastikan Setya Novanto dan Nazaruddin menempati sel palsu saat petugas lapas melakukan sidak. Sel palsu yang ditempati Novanto dan Nazarudin disebut sel duafa karena isinya sangat-sangat standar, tak ada mewah-mewahnya.

Seperti diketahui, sehari usai KPK melakukan OTT terhadap Kalapas Sukamiskin terkait jual-beli fasilitas lapas, Dirjen Pemasyarakatan Sri Puguh Utami melakukan sidak ke sana. Tim Mata Najwa mengikuti sidak ini. Nah, sidak itu ditayangkan di Trans7, semalam. 

Dalam tayangan terlihat, sel kedua koruptor itu berbeda dari beberapa napi korupsi lain yang lebih mewah. Dinding kamar yang ditempati Novanto, sel nomor 29, tampak kumuh. Temboknya kasar. Tampak beberapa tambalan semen. Beberapa instalasi pipa air juga menonjol ke luar. Di dinding, tergantung kaligrafi berbahasa Arab. 

Di sel eks Ketua DPR ini, tidak ada alat elektronik ataupun barang mewah di dalamnya. Hanya ada sebuah lemari kayu tanpa pintu. Isinya di antaranya botol parfum wanita merek Victoria's Secret, tumpukan koran, roti tawar, toaster, beberapa bungkus mi instan, serta galon dan dispenser. Kemudian, ada juga lemari susun plastik ukuran kecil berwarna hijau. Ada juga dispenser sederhana plus air mineral galonnya. 

Saat disidak, Novanto tengah duduk di bangku plastik biru. Novanto yang mengenakan kaos biru dan celana panjang hitam tanpa alas kaki itu berkali-kali menyatakan kaget atas sidak itu. Tetapi, dengan senyum, dia mempersilakan Najwa masuk. Novanto tampak memegang buku. 

"Buku apa yang anda baca?" tanya Najwa. Rupanya, itu adalah Kamus Kosakata Alquran. Novanto sempat membuka bungkusan berupa nasi goreng. Dia mengaku membeli di tukang nasi goreng di pinggir jalan rutan seharga Rp 20 ribu. 

Sel Nazaruddin, juga sederhana. Di dalam sel eks bendum Demokrat itu, ada toilet duduk dengan ember warna biru dan merah. Tetapi toilet duduk itu tidak berada di kamar mandi mewah, melainkan hanya dipartisi setengah badan saja. Kemudian, cat tembok selnya terlihat kasar. 

Saat Najwa masuk, terlihat Nazaruddin melipat sajadah. Nazaruddin mengenakan gamis dan peci putih. Kondisi sel ini sangat berbeda dengan kondisi sel Nazar saat disidak lima tahun lalu. Menurutnya, sel itu adalah sel transit. Sementara sel sederhana ini, ditempatinya selama 4 tahun belakangan. 

Sel kedua koruptor ini sangat berbeda dengan sel beberapa napi koruptor lainnya. Misalnya saja, sel milik Luthfi Hasan Ishaaq. Di dalam sel milik eks Presiden PKS ini, ada alat olahraga berupa sepeda statis. Ada juga microwave, steamer baju, dan fasilitas kamar mandi mewah seperti kloset duduk dan jet shower. 

"Saya berbicara bahwa saya punya masalah kesehatan. Saya punya ambeien, frekuensi ke toilet harus tinggi," kata Luthfi saat ditanya fasilitas di dalam kamar mandinya. Dia mengaku tak membayar sepeserpun untuk itu. 

Napi koruptor yang juga memiliki fasilitas mewah adalah OC Kaligis. Ada televisi layar datar, speaker, tablet, printer, laptop, dan Ipad. Dinding dalam selnya tampak mewah dengan dilapisi kayu. Kamar ini juga dilengkapi pendingin ruangan alias AC. Kamar mandinya, ada jet shower. Saat sidak dilakukan, fasilitas-fasilitas itu disita petugas rutan. 

Napi koruptor lain Akil Mochtar menyebut, para napi memang perlu mendapat fasilitas dan perhatian khusus. Sebab, banyak dari mereka yang sudah uzur dan menderita penyakit. "Kita kan manusia juga. Satu yang terjadi, tidak men-generalkan. Kasihan bener deh. Ada yang 75 tahun, ada yang diamputasi, tipikor dhuafa," ujar Akil yang kamarnya termasuk bersih. 

Melihat kondisi kamar Kaligis, Akil dan Luhtfi, Najwa ragu jika Novanto dan Nazar menempati sel sesederhana itu. Ada sejumlah hal yang mencurigakan, di antaranya stiker identitas di depan pintu yang tampak baru, begitu juga dengan stiker nama di papan informasi kamar napi. Sejumlah benda yang disorot antara lain parfum wanita merek Victoria's Secret. 

Untuk mengonfirmasi hal ini, dalam tayangan itu, Najwa langsung mengontak Menkumham Yasonna Laoly. Kepada Yasonna, Najwa pun menyebut sejumlah kejanggalan lain seperti isi sel, baju, dan makanan. "Rasanya tidak sesuai profil Setya Novanto. Salah satu yang mencurigakan parfum perempuan," kata Najwa di studio Trans7 dalam siaran live. Yasonna pun setuju dengan kecurigaan Najwa. "Melihat kepribadian beliau (Novanto), style, gaya beliau, mencurigakan itu," tegasnya. 

Di dunia Twitter, Novanto dan Nazaruddin pun ditelanjangi. Akun @AlsNugrahaa meyakini bahwa sel Novanto memang palsu. Pejabat sekelas Novanto, diyakininya memiliki sel mewah, melebihi sel Fahmi yang di OTT KPK. "Sudah jelas itu palsu. Sekelas Novanto selnya masa kaya anak kosan? Mana mungkinnnn. Fahmi yang di OTT mah ga ada apa-apanya sama Novanto," cuitnya. "Sekelas Mantan Ketua DPR. Kuu terkejodd," imbuh @rinaa_sama. "Salah kamar,"  sambung @therminat. 

Akun @Aarif_degooner tampak kesal dengan palsunya sel Nazar dan Novanto. "Ntar kalo masuk kuburan juga pake yang palsu," tegasnya. 

"Saya juga kaget ada parfum perempuan di ruangannya. Seharusnya juga ada bakpau dibatas meja, malah nasi goreng," imbuh @aguswonggo64. Saking lihainya bersandiwara, @unaazizah menyebut Novanto pantas diganjar Piala Citra. "Harusnya masuk nominasi piala citra aktor terbaik nih dese, melas bener pas diwawancara," cuitnya. 

Akun @vinaniell juga mengaku sudah menduga sel Novanto palsu. Dia membeberkan beberapa keanehan kamar yang ditempati Novanto itu. "Agak aneh sih, jamnya bentuk love pink, ada parfum dua. Curiga kamar kos cewe ini," tulisnya. 

Sementara @auahlia mengomentari soal Nazar yang diyakininya masih bisa mengendalikan perusahaan-perusahaannya dari dalam selnya. "Wkwk nggak heran walaupun dipenjara tapi ada yang masih bisa mengelola 38 perusahaan. Nggak tau sekarang udah maju apa belum perusahan2nya," cuitnya. Untuk diketahui, empat tahun lalu, Nazar disebut dalam kesaksian bekas Marketing PT Anugerah Nusantara Clara Mauren, saat sidang Anas Urbaningrum, masih mengendalikan perusahaan dari balik jeruji besi. 

Bahkan Nazar dituduh kerap menggelar rapat perusahaan di rumah-rumah tahanan tempat Nazaruddin mendekam seperti di Lapas Sukamiskin Bandung dan sebelumnya Rutan Cipinang. Ia dituding kerap menggelar rapat setiap Sabtu. 

Ada juga yang menyindir pernyataan Nazar yang menyebut dirinya sudah 4 tahun menempati sel yang disorot Mata Najwa. "4 tahun apa 4 hari?" sindir @ felz_nowvie. Cuitan itu ditanggapi @ nvamustofa. "4 jam doang mba untuk shooting wkwk," balasnya. 

Beberapa netizen menduga sel Nazar memang palsu. Soalnya, mereka melihat Nazar tampak ketakutan. "Mencurigakan, mimik wajahnya juga kayak ketakutan gitu," tutur @rinaa_sama. [rmol]

Loading...
under construction
loading...