logo

3 Agt 2018

Pemkab Simalungun Akhirnya Bayarkan Uang Beasiswa Arnita

Pemkab Simalungun Akhirnya Bayarkan Uang Beasiswa Arnita


posmetroinfo - Arnita Rodelina Turnip tampaknya kini bisa sedikit bernapas lega. Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, akhirnya mengaktifkan kembali statusnya sebagai penerima Beasiswa Utusan Daerah (BUD) di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Hal itu diketahui dari sebuah surat dari Pemkab Simalungun yang ditujukkan kepada Ombudsman perwakilan Sumatera Utara pada Kamis (2/8). Surat itu ditanda tangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Simalungun Resman Seragih.

Pemkab Simalungun juga telah membayarkan biaya kuliah Arnita yang tertunggak selama lima semester di IPB. Sebuah foto bukti transfer pelunasan tersebut pun beredar. Di dalamnya tertera pembayaran sebesar Rp 55 juta yang dikirimkan kepada rektor IPB.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sumut Abyadi Siregar membenarkan adanya surat tersebut. Dia berterima kasih kepada Pemkab Simalungun yang benar-benar mengupayakan penyelesaian masalah ini.

"Saya berharap agar Pemkab Simalungun terus mendukung mahasiswa-mahasiswanya tersebut. Agar mereka bisa menyelesaikan studinya dan meraih cita-cita mereka," ujar Abyadi kepada Kumparan, Kamis (2/8).

Abyadi menambahkan, meski permasalahan sudah di titik terang, namun apabila Arnita nantinya disuruh menghadap ke Bupati Simalungun, JR. Saragih, Ombudsman akan tetap mendampingi Arnita jika diminta.

Sebelumnya, Arnita tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Kehutanan IPB angkatan 2015. Saat duduk di semester dua, beasiswanya dicabut tanpa alasan yang jelas oleh Pemkab Simalungun.

Dalam laporan yang dilayangkan ibunda Arnita, Lisnawati, kepada Ombudsman Sumut, diketahui bahwa pencabutan beasiswa itu diduga akibat Arnita yang memutuskan pindah agama. Kasus ini pun bergulir dan menjadi polemik di masyarakat.


Berikut isi surat lengkapnya:

Dengan hormat, menindak lanjuti hasil pemeriksaan penjelasan secara langsung di kantor Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Sumatera Utara pada hari Selasa tanggal 31 Juli 2018 perihal pengaktifkan kembali mahasiswa penerima Beasiswa Utusan Daerah (BUD) atas nama Arnita Rodelina Turnip ini Dinas Pendidikan Sumatera Utara memutuskan:

1. Berkoordinasi dengan pihak IPB Bogor sebagai proses penyelesaian masalah pengaktifan perkuliahan mahasiswa penerima BUD IPB tersebut

2. Bahwa sejak hari ini Kamis 02 Agustus 2018, Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun akan segera menyalurkan dana beasiswa BUD IPB sesuai Perjanjian Kerja Sama Penerimaan Mahasiswa Program Sarjana jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD) antara Pemkab Simlaungun dengan IPB tahun 2015 An. Arnita Riodelina Turnip

3. Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun sesegera mungkin membayarkan tunggakan biaya pendidikan Arnita Rodelina Turnip di IPB beserta biaya hidupnya sesuai dengan ketentuan dalam Perjanjian Kerja Sama Penerimaan Mahasiswa Program Sarjana jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD) antara Pemkab simalungun dengan IPB tahun 2015 tersebut. [kumparan]

Loading...
under construction
loading...